Seruput Kopi Panas – Depok, 21 Mei 2019, Pagi ini Allah SWT mentakdirkan saya menepi di Danau UI Depok. Judulnya diminta menjadi anggota dewan penilai ujian akhir mahasiswa vokasi mewakili mentor industri, berangkatlah dini hari supaya tidak terjebak horor macet tol karawang bekasi. Alhamdulillah tiba lebih awal sehingga dapat menikmati kesejukan Masjid Ukhuwah Islamiyah UI.

Suara burung berkicau merdu terdengar disela-sela bising suara kereta api yang setiap beberapa menit sekali lewat. Di masjid dengan konsep terbuka ini nampak ramai oleh jamaah yang kebanyakan sedang tilawah. Persis di sayap kiri, masjid ini berbatasan langsung dengan Danau Kenanga.

Kalau lihat danau UI, alam pikiran saya berputar ke tahun 2004 – 2005. Masa itu, dunia blogger sedang ON yang ditandai dengan maraknya komunitas-komunitas blogger. Dan, yahoo messenger menjadi andalan pada zaman tersebut selain sebelumnya menggunakan mirc.

Walaupun saya tidak mahir-mahir amat dengan dunia blog, namun terjun juga dalam beberapa komunitas blogger. Dua diantaranya adalah Indonesia Muslim Blogger (IMB) dan MQ Cyber Community (MQCC), bahkan di komunitas kedua ini sempat menjadi koordinator. Sempat juga gabung dengan komunitas My Quran (KCMyQ).

Lantas apa kaitannya komunitas blogger dengan Danau UI? Ya, salah satu kajian awal MQCC ini dilaksanakan di tepi Danau UI. Anggota komunitas dengan berbagai macam latarbelakang ini berhimpun dalam berbagai kegiatan. Kebanyakan kegiatan kajian dan tahsin yang dilaksanakan di Masjid BKPM Jakarta.

Beberapa kali mengadakan gathering di Daarut Tauhid, hingga ikutan syuting acaranya AA Gym. Ikatan komunitas ini semakin erat dengan jaket bersama MQCC. Dengan warna dominan hitam, logo berbentuk hati tulisan MQCC menghiasi bagian dada kanan jaket. Jaket ini dapat dipakai bolak balik, bagian dalamnya berwarna coklat.

Seiring waktu, satu persatu pentolan komunitas ini melepas masa lajangnya. Aktivitas bersama mulai turun drastis hingga akhirnya kebersamaan hanya ada di dunia maya. Dan fase ini sepertinya dialami secara bersamaan oleh komunitas-komunitas blogger lainnya.

Setidaknya, Danau UI pernah mempersatukan untuk berhimpun dan belajar bersama dalam komunitas. Salam takzim untuk para sahabat komunitas-komunitas yang dahulu pernah bersama-sama merangkai kegiatan menebar manfaat untuk umat.