“Kau yang mulai kau yang mengakhiri”, penggalan lirik syair lagu Kegagalan Cinta milik Raja Dangdut Rhoma Irama ini seolah tepat dengan Majalah DFile terbitan kali ini. Setelah menjalani masa yang cukup panjang sejak 2005, akhirnya majalah ini tiba diedisi terakhir bulan ini, Desember 2020.

Nama DFile mulai dikenal di DAHANA pada 2005, bermula dari tempelan di papan pengumuman yang berubah menjadi majalah dinding ala anak sekolahan. Kemudian, berita dan artikel beberapa lama kemudian mulai dibagikan melalui email kepada karyawan. Tampilannya pun masih sederhana, menggunakan MS Word. Pada akhirnya, 25 Februari ditetapkan sebagai hari ulang tahun DFile.

Seiring dengan waktu, pada 2008 DFile digandeng sebagai Media Budaya Perusahaan Dahana. Dari sini DFile dengan format buletin terbit secara reguler bulanan dengan isi mayoritas tentang pembangunan budaya perusahaan yang saat itu tengah gencar dilakukan. Dimasa inilah lahir maskot Si Bintang hasil sayembara yang diikuti oleh karyawan Dahana.

Keterbatasan team redaksi saat itu memaksa dibentuknya team kontributor lintas departemen. Namun tidak bertahan lama karena kesibukan masing-masing personil. DFile pun sempat berubah waktu terbit menjadi tiga bulanan. Akhirnya team redaksi mengandalkan punggawa unit kerja Humas yang mulai terisi oleh beberapa personil tambahan dibantu beberapa anggota dari eksternal.

Sejatinya segmentasi Majalah DFile ini untuk khalayak umum dengan muatan mayoritas tentang kegiatan perusahaan. Majalah ini didistribusikan ke stakeholders seperti kementerian-kementerian hingga nun jauh ke site project yang berada di seluruh Indonesia. Edisi softcopy-nya tersedia juga di website www.dahana.id.

Namun demikian, setelah melalui evaluasi mendalam, edisi 112 ini menjadi edisi terakhir Majalah DFile. Informasi-informasi tentang Dahana akan tersaji lebih interaktif dalam media sosial, video digital story telling di berbagai channel komunikasi perusahaan. Harapannya, informasi tentang Dahana menjadi lebih segar dan update sesuai tuntutan zaman.

Uniknya, DFile terlahir dan berakhir oleh pemimpin redaksi yang sama dengan rentang 15 tahun.