Kalau sudah hobby, semua dijalani dengan happy. Begitulah yang dirasakan oleh seorang Budi Antono saat menjalani olahraga berlari dalam beberapa tahun ini. Sebelumnya, CEO BUMN bidang bahan peledak ini menyukai olahraga renang dan menyelam. Banyak spot menarik dan menantang yang ia datangi. Termasuk salah satunya berenang menyeberangi Sungai Mahakam di Kalimantan Timur.

Pria kelahiran Purwokerto 53 tahun silam ini tidak asing lagi di dunia pertambangan. Latarbelakang pendidikan di Teknik Pertambangan ITB membawanya tak jauh menekuni pekerjaan di bidang pertambangan. Sempat berkarier di Kaltim Prima Coal, Trumix Beton, Pasifik Granitama, hingga akhirnya berlabuh di BUMN bidang bahan peledak pada 1999 dengan posisi general manager. Di usia 36 tahun, pada 2004 Budi Antono muda didaulat menjadi direktur operasi hingga 2014. Selepas masa baktinya sebagai direktur operasi, Budi Antono sempat menjadi project consultant di salah satu perusahan di Negeri Singa. Akhirnya negara memanggilnya kembali ke BUMN yang membesarkannya pada 2015 sebagai seorang CEO.

Pertemuan inten saya dengan pria yang akrab dipanggil kawan-kawannya Anton ini pada 2004 ketika menjabat direktur operasi. Waktu itu saya baru setahunan lebih diterima bekerja dan ditempatkan di bagian komunikasi perusahaan. Sebelumnya sempat mencicipi berada dibagian Joint Operation Pertambangan. Sosok Budi Antono dikenal sebagai pribadi pekerja keras, berjiwa pemenang, namun orangnya egaliter. Kemampuannya di bidang pertambangan tidak perlu diragukan lagi, selain pengalamannya sebagai praktisi, Budi juga aktif mengajar. Catatan prestasinya terekam jelas seiring baiknya kinerja perusahaan.

Pagi ini, 25 Nopember 2020, saya berkesempatan bersama para runners untuk membuatkan acara Running with the Legend. Berbeda dengan event lari sebelumnya, acara hari ini kental nuansa rasa yang menyelimuti peserta yang hadir. Hari ini merupakan hari terakhir Budi Antono bertugas sebagai seorang CEO berdasarkan SKEP pemegang saham. Belum ada yang tahu, esok atau suatu hari nanti Budi Antono akan kembali bertugas kembali di sini. Penunjukkan CEO perusahaan ini memang melalui TPA di bawah presiden sehingga memerlukan waktu. Apapun nanti, semoga diberikan yang terbaik untuk the legend dan semuanya.