Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, “Sedekah yang paling utama ialah seorang muslim belajar suatu ilmu, kemudian mengajarkannya kepada saudara muslim lainnya.” Dari sini, ternyata sedekah itu banyak ragamnya. Dapat dengan uang, makanan, ilmu, bahkan senyumpun dapat bernilai sedekah.

Selain itu, ada hadits lain juga yang mengatakan bahwa “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya.” Artinya, kehadiran kita dapat berkontribusi menjadi manfaat yang dirasakan oleh orang lain. Berangkat dari hal tersebutlah maka terbetik untuk berbagi pengalaman dan ilmu yang masih sedikit ini kepada orang lain melalui program Seruput Kopi Panas Akademi.

Wow namanya keren. Ya, dikeren-kerenkanlah biar benar-benar keren. Sengaja fokus garapannya anak-anak muda dengan jenjang SLTA dan Universitas sehingga diharapkan sedikit banyak akan membantu mereka dalam memasuki dunia kerja kelak. Lokasinya pun sengaja dipilih lokal karena suatu saat dapat melaksanakan pertemuan tatap muka.

Program ini bersifat jangka panjang, tidak belajar kemudian putus. Tidak muluk-muluk, harapannya dari anak-anak muda ini nantinya melahirkan ‘sesuatu’ yang bermanfaat. Ya, nafasnya adalah kemanfaatan untuk sesama dan lingkungan.

Untuk chapter 1 2021 ini kemungkinan hanya membuka satu group dimasing-masing jenjang. Semoga Allah SWT ridho dan memberikan kemudahan atas rencana ini.