Kali ini saya hanya ingin meng-copas tulisan tentang Menara Eiffel dari Wikipedia. Menara yang ada di Kota Paris Prancis ini memang sangat terkenal. Katanya, belum afdhol ke Eropa jika belum ke sini. Menara ini dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel dan menjadi bangunan tertinggi di Paris.

Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika Chrysler Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai.[6] Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Bahkan pengarang novel Guy de Maupassant — yang membenci menara itu — makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni bangunan mencolok.

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kedaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Menara Eiffel memang terlihat lebih menakjubkan di malam hari. Hal ini karena berdasarkan statistik resmi, Menara Eiffel menggunakan sekitar 20.000 lampu untuk menghiasi langit malam. Selain itu, tidak sembarang orang bisa menerbitkan foto Menara Eiffel saat semua lampunya dinyalakan, karena menurut undang-undang Uni Eropa desain pencahayaan ini merupakan karya seni. Fotografer harus mendapatkan izin dari Société Nouvelle d’Exploitation de la Tour Eiffel terlebih dahulu.

Biaya pemeliharaan rutin Menara Eiffel sendiri menghabiskan dana sebesar USD 14,5 juta (sekitar Rp 192 miliar) setiap tahunnya. Menara ini juga perlu dicat ulang setiap tujuh tahun dan dibutuhkan cukup banyak waktu serta cat untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Setiap pengecatan membutuhkan waktu antara 15-18 bulan hingga selesai dan sekitar 60 ton cat diperlukan untuk aktivitas ini.