Dalam salah satu episode Upin Ipin, Cikgu Jasmin membahas tentang cita-cita. Ehsan yang hobi makan ternyata bercita-cita menjadi koki. Dahulu, juru masak dipandang sebelah mata. Apalagi bila digeluti laki-laki.

Tapi tidak dengan zaman sekarang. Juru masak yang lebih dikenal dengan istilah chef ini lebih sering muncul di layar kaca seperti artis papan atas dengan tampilan tampan dan cantik. Jadi salahkah cita-cita Ehsan?

Eh, saya tidak akan cerita tentang Upin Ipin, apalagi ikutan memprotes kata-kata Fizi yang membuat sedih Upin Ipin. Saya hanya ingin cerita permintaan anak bungsu yang berusia tiga tahun. “Pengen nasi goreng Abi,” rengeknya.

Sesekali tidak ada salahnya laki-laki bagian memasak di dapur terutama hari libur. Ada beberapa menu minimal yang harus dikuasai, seperti memasak nasi goreng, telor, mie, tempe tahu berikut masakan yang berselimut terigu.

Manfaat lelaki turun ke dapur banyak loh. Selain meringankan beban istri, menghangatkan keluarga, memasak juga bisa menjadi hiburan. Bahkan menurut penelitian, masakan laki-laki suka lebih enak. Lho kok bisa? Katanya, karena lelaki memasak sekali-kali saja, ia menjadikan memasak sebagai seni, lelaki menyukai tantangan, dan suka menyenangkan orang lain.

Seperti pagi ini, saya memasak nasi goreng untuk sarapan. Nasi goreng Bubi (Buatan Abi). Abaikan cita rasa, dahulukan rasa kasih sayang. Tapi kalau urusan masak yang sebenarnya, serahkan sama ahlinya yang sudah teruji, Istri.