Banyak anak banyak rezeki, itu kata pepatah. Modifikasi pepatah tersebut bagi saya menjadi banyak tamu banyak rezeki. Seperti hari tersebut, saya menerima tiga kunjungan tamu perusahaan dengan agenda berbeda.

Ada Team Balai Pustaka untuk finalisasi project penulisan buku putih Dahana Jilid 2. Tamu kedua dari konsumen yang CLBK dengan Dahana, PHE OSES yang melakukan audit HSE. Dan yang ketiga dari Timor Leste untuk persiapan blasting perdana project pembangunan pelabuhan Tibat Bay Port di Timor Leste.

Kembali terlibat mengawaki penulisan buku sejarah Dahana sangat menarik. Buku “From Nothing To Be Something” jilid 2 ini akan memotret perjalanan Dahana dalam empat tahun terakhir, melengkapi buku pertamanya yang dirilis pada 2015. Kali ini bekerjasama dengan Balai Pustaka dalam bingkai Sinergi BUMN.

Sementara konsumen yang CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) tentunya sangat baik untuk perusahaan. Dulu pun putus bukan karena hubungan yang tidak baik, namun karena kondisi konsumen yang harus menyesuaikan budget pada waktu itu. Jasa pergudangan, perizinan dan transportasi bahan peledak menjadi salah satu andalan sektor migas Dahana.

Tamu ketiga membawa kabar baik, Dahana akan ekspor kembali produknya ke Timor Leste. Ini adalah ekspor kedua setelah sebelumnya produk Dayagel Sivor, bom tempel, telah digunakan Kepolisian Timor Leste. Bedanya, produk yang diekspor sekarang untuk keperluan komersial mendukung pembangunan Pelabuhan Tibat Bay Port Timor Leste. Blasting perdana pun rencana akan dihelat pada 10 Juli 2019 dan rencananya akan dihadiri oleh presiden, perdana menteri hingga para pengusaha Timor Leste.

Dari obrolan dengan Managing Directornya Incanto Weste Unipessoal LDA Pak Joanico, alasan utama pemerintah Timor Leste memilih Dahana karena Dahana perusahaan BUMN, terbesar se-Asia Tenggara dan tertua yang tentunya sarat dengan pengalaman. Tentu ini sebuah kepercayaan yang harus dijawab dengan kinerja yang baik.

Dari semua kunjungan itu, bertemu orang lain dengan background beragam memberikan insight baru. Bertambah pengetahuan dan bertambah pula kenalan.