Kota Tasikmalaya menjelma menjadi kota yang pesat perkembangannya. Dari tahun ke tahun, pembangunan pusat keramaian baru terus tumbuh bak jamur di musim penghujan. Mulai dari kuliner hingga pusat perbelanjaan.

Tak salah jika Tasikmalaya menjadi salah satu tujuan wisata, kuliner dan belanja dari tetangga kabupaten seperti Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Ciamis, dan Pangandaran. Bahkan dari luar Jawa Barat pun ramai. Hal ini ditunjang juga dengan dukungan hotel berbintang untuk kegiatan MICE serta rute penerbangan Halim – Wiriadinata selain jalur selatan kereta api. Jika nanti ada wacana propinsi baru Priangan Timur, maka Tasikmalaya kandidat terkuatnya.

Walau mall terbaru Transmart Tasikmalaya telah dibuka pada 26 April 2019 lalu, namun saya lebih suka Mall Asia Plaza yang terletak di Jalan HZ Mustofa. Mall yang diresmikan tahun 2007 ini salah satu mall terbesar di Kota Tasikmalaya. Selain cukup lengkap dengan area parkir yang luas, keberadaan Masjid Jami Al Ishlah yang berdekatan dengan salah satu pintu masuk mall menjadi point tersendiri.

“Ok, kita berangkat agak siangan. Tak masalah hari Jumat, Abi bisa sholat Jumat di Masjid yang ada di mall Asia Plaza,” ungkap saya sebelum berangkat sambil melirik jam tangan yang menunjuk angka 10.30an.

Memposisikan sarana ibadah masjid di tempat strategis sebuah mall saya pikir sebuah credit point untuk pengelola mall. Masjid Al Ishlah yang juga diresmikan pada 2007 ini dekat juga dengan lokasi parkir kendaraan. Alhasil, kesibukan berbelanja tidak pula melupakan kewajiban beribadah.

Pada saat sholat Jumat, jamaah penuh. Begitupun pada waktu ashar, jamaah juga banyak. Teras masjid menjadi tempat yang nyaman juga untuk menunggu atau meeting point untuk bertemu. Termasuk para krucil, mereka asyik menggambar di teras sambil menunggu umminya yang belum selesai urusannya.

Pernah suatu ketika nge-mall, mencari tempat sholat dibuat berputar-putar. Akhirnya dapat dipojokan basement. Menyedihkan.

“Oh, ya. Jadi kapan nge-mall ke AP?”