Piknik tidak harus mahal. Mari kita lanjutkan tagline liburan akhir pekan kali ini. Pagi hari, kami menyusuri jalanan Kota Simping Purwakarta. Jalanan belum terlalu ramai. Kepadatan baru terasa menjelang Pasar Jumat dan sepanjang jalan tengah. Titik kemacetan ada di Situ Buleud dan Alun-alun Purwakarta. Tapi itu bukan tempat tujuan kami. Toko buku An Najahlah destinasi pertama kami pagi ini.

Saya dan istri memang sudah janji akan ke toko buku sehari sebelumnya. Sontak, rencana ini disambut gegap gempita oleh para krucil. Ketika turun dari kendaraan, kami pun bergegas memasuki toko buku yang beralamat di Jalan Basuki Rahmat Purwakarta. Lokasinya persis di ujung pertigaan Jalan Tengah. Alas kaki dilepas pada saat memasuki toko.

Mayoritas buku yang dijual disini buku Islami. Tapi tidak sedikit juga buku pelajaran sekolah dan pengetahuan umum. Seperti salah satu buku yang dibeli oleh para krucil, atlas. Kebetulan liburan sekolah ini target anak-anak dimanfaatkan untuk belajar pengetahuan umum, seperti plat nomor kendaraan, ibukota propinsi dan peta geografi.

Satu hal yang patut disyukuri, para krucil senang dengan buku sejak kecil. Mereka terbiasa sekali dengan buku di rumah. Makanya, ketika diajak ke toko buku alamat ada buku baru di rumah.

Selain buku, An Najah ini menyediakan banyak perlengkapan muslim seperti pakaian, perlengkapan haji hingga obat-obatan herbal. Malah, beberapa tanaman obat juga tersedia di sini.

Setelah dirasa cukup, kami pun keluar dengan tentengan plastik berisi buku dan asesoris lainnya.