Salah satu kebiasaan saya ketika dalam perjalanan bersama keluarga di kendaraan adalah ‘noroweco’ (bercerita ngalor ngidul) kepada anak.  Tentang apapun yang dilihat.  Seperti tentang arti rambu lalu lintas, jenis kendaraan dan plat nomornya, tentang bangunan BTS dan apapun.

Dari situ terjadi diskusi, pertanyaan lanjutan dari anak tentang ini dan itu.  Hal serupa juga sering dilakukan dalam aktivitas di rumah dengan membacakan buku atau sekedar mendampingi membaca sambil menjawab pertanyaan anak ketika menemui bacaan yang tidak dimengerti.

Kebiasaan membaca ini sangat menarik untuk diterapkan sejak dini.  Selain melancarkan membaca, menambah kosakata, juga salah satu bentuk aktivitas alternatif untuk menghindarkan anak kecanduan dari gadget.  Untuk anak yang belum bisa membaca, sediakanlah buku bergambar.  Pastikan buku bacaannya yang bergizi.

Akhir pekan ini silaturrahim ke nenek.  Giliran kakek yang kebagian berkisah di depan cucu.  Untungnya bukunya bergambar sehingga memudahkan kakek pada saat membacakannya.  Sedia buku sebelum hujan, eh, sedia buku sebelum perjalanan.